Assallamuallaikum Wr Wb..

Selamat sore menjelang malam semua !

Di kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang css, game, aplikasi, mp3 maupun trik website. Namun kali ini saya akan membahas tentang Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 1438 H yang insya allah akan dilaksanakan mulai besok Sabtu, 27/05/2017.

Tidak di sangka-sangka bulan suci ramadhan yang kita tunggu-tunggu telah tiba, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh dengan kebaikan, bulan yang penuh dengan keindahan sudah di depan mata.

Bulan yang penuh dengan pengampunan menunggu kita untuk menyambutnya dengan meriah, salah satunya banyak di berbagai daerah umat muslim banyak yang melakukan tradisi sebelum ramadhan, diantaranya !!


1. Berziarah ke makam sanak saudara atau anggota keluarga yang sudah meninggal.

Tradisi ini memang tidak pernah di lewatkan sebelum bulan suci ramadhan tiba, banyak umat muslim yang berbondong-bondong menuju ke makam di mana tempat sanak saudara atau anggota keluarganya di makamkan, tradisi berziarah bertujuan untuk mengirimkan doa kepada yang sudah wafat.

Tradisi ini biasa dilakukan satu minggu sebelum bulan suci ramadhan tiba, dalam tradisi ini banyak juga yang di untungkan salah satunya pedagang kembang, tukang parkir & tukang bersih-bersih di makam.


2. Megengan (Melakukan tahlil bersama).

Megengan (Tahlilan) dilakukan untuk mengirimkan doa kepada orang yang sudah wafat secara bersama-sama, tradisi ini biasanya dilakukan di satu tempat yang telah di tentukan sebelumnya oleh ketua RT atau secara bermusyawarah antar warga, pada umumnya dilakukan di masjid sekitar tempat tinggal.

Mereka berkumpul di satu tempat untuk mengirimkan doa untuk anggota keluarganya yang sudah meninggal, setelah berdoa mereka biasanya saling bertukar berkat (Bekal makanan) yang mereka bawa kepada warga yang lainnya.


3. Mengirim Pancen.

Saya tidak tahu tradisi ini ada atau tidak di daerah kalian kalaupun ada mungkin berbeda namanya saja.

Mengirim pancen ini adalah suatu tradisi yang dilakukan di rumahnya masing-masing, biasanya para orang tua menyiapkan perbekalan untuk melakukan tradisi ini salah satunya !!


- Kopi, teh, atau air putih.
- Pisang atau buah-buahan lainnya, tapi yang paling banyak dipakai adalah pisang.
- Kue apem.
- Rokok, biasanya rokok kretek yang digunakan.
- Korek api.
- Bunga/kembang yang biasa digunakan saat membuat pancen adalah kenanga & mawar merah.

Cara melakukannya biasanya menjelang maghrib, jumlah kue apem, kopi, rokok & pisang tergantung berapa banyak sanak saudara kita yang meninggal, misalnya jumlahnya 5 iya keempat jenis tersebut masing-masing 5 buah & di tempatkan ke piring untuk makanannya & ke gelas untuk minumannya.

Dan untuk bunga/kembang kenanga & mawar merah di letakkan di gelas & direndam air putih.

Setelah semua sudah siap kita tinggal membacakan doa untuk seserahan pancen tersebut, untuk doanya saya tidak tahu karena saya tidak pernah melakukan ini. Yang boleh melakukan tradisi ini adalah anggota lelaki tertua yang ada di keluarga kita bisa ayah atau kakak laki-laki, kalaupun terpaksa dengan keadaan cewek juga boleh melakukan tradisi ini asal tahu doanya. Tradisi pancen ini diletakkan di meja & di biarkan mulai menjelang pagi sampai menjelang pagi.

Tradisi menjelang ramadhan di setiap daerah pasti berbeda namanya & tata caranya, banyak tradisi yang unik & khas jaman dulu (Nenek Moyang) yang menurutku sangat mencerminkan budaya setempat pada jaman dulu.

Mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki tradisi yang khas daerah mereka masing-masing, mereka melakukannya penuh dengan suka cita & tanpa beban sama sekali & itu membuatku ingin ikut hadir di setiap tradisi mereka, hehe...

Tradisi yang saya sebutkan di atas adalah salah satu tradisi yang ada di tempatku tinggal & setiap menjelang ramadhan pasti melakukannya, sebenarnya banyak tradisi di daerah tempatku tinggal namun tidak saya share sekarang.

Sebelum saya mengakhiri artikel ini, saya ingin menyampaikan satu pesan dari keluargaku & keluarga calon imamku.

Kami segenap keluarga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan 1438 H !!

Semoga di bulan ramadhan ini puasa yang kita lakukan berjalan dengan lancar & penuh berkah !!

Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang pernah kita lakukan & menerima puasa yang kita lakukan ? Amin..

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan 1438 H semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat buat banyak orang, jika di artikel ini terdapat perkataan yang kurang mengenakkan mohon di maafkan.

Wassallamuallaikum Wr Wb..