Assallamuallaikum Wr Wb..

cs1.png

Selamat sore sahabat blogponsel, sudah lama rasanya saya tidak share tentang css di blog ini, sudah hampir 1 bulan lebih saya tidak mempostingkan tutorial css. Nah... Pada kesempatan malam ini saya akan memberikan satu buah pengetahuan tentang Pengertian Tentang Symbol Titik Dan Pagar Di Css, sebenarnya saya bingung mau kasih judul apa, jadi iya saya asal buat judul saja yang penting artikelnya jelas.. Hehe !!

Malam ini saya akan memberitahukan sesungguhnya apa sih fungsi symbol . (titik) & # (pagar) yang ada di sebelum nama selector css, mungkin para master css sudah sangat paham dengan apa yang akan saya share ini tapi bagi para pemula yang baru belajar di bidang css mungkin belum paham tentang symbol yang ada di css, nah sekarang waktunya kita mengulas lebih dalam lagi mengenai hal itu !

Fungsi symbol titik & pagar di css adalah untuk membedakan sebuah attribute yang di gunakan pada tag html yang ada di dalam kode template suatu situs, di dalam kode template suatu situs ada dua macam attribute yang bisa di pakai, yaitu class & id, di mana dua symbol yang di gunakan pada css yaitu (.) & (#) adalah untuk mewakili masing-masing attribute tersebut, lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini !

Seperti yang kalian ketahui ketika kalian membuat css pasti kalian akan menambahkan symbol (.) atau (#) sebelum nama selector atau juga tidak ada symbolnya sama sekali sebelum nama selector, dalam hal itu symbol tersebut mempunyai sebuah fungsi masing-masing yang berguna untuk membedakan attribute yang di pakai atau tag html lainnya pada template di sebuah situs, di mana symbol tersebut memiliki tujuan tertentu yang akan di artikan atau di panggil sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contohnya, saya akan memberikan contoh yang di dalamnya akan saya buat 2 ada symbolnya & 1 tidak ada symbolnya !

body { margin:0;padding:0; }
#header { margin:0;padding:0; }
.heading { margin:0;padding:0; }

Pada contoh di atas terdapat 3 selector yang masing-masing ada symbolnya dan tidak ada symbolnya, dari ketiga selector tersebut symbolnya memiliki fungsi yang berbeda dan akan saya jelaskan di bawah ini !

1. Body

Pada selector body di atas diketahui tidak ada symbol sebelum nama selector, itu menandakan bahwa selector body akan di panggil pada template menggunakan tag <>. Contohnya <body> karena body tidak memiliki attribut class maupun id maka karena itu body tidak di tulis menggunakan symbol di css.

2. #header

Lalu pada selector #header, pada selector header terdapat 1 symbol yaitu (#) di mana symbol tersebut mengartikan bahwa dia mewakili attribute id yang ada di dalam kode template.

<div id="header">Tag HTML</div>

Seperti yang kalian lihat pada contoh di atas, di dalam tag div tersebut terdapat satu attribute yaitu id, berapa banyak pun attribute id di dalam kode template maka cara penulisan nilai value id pada template di kode css maka akan menggunakan symbol #, jadi sudah jelas bahwa symbol # yang ada di css mewakili semua attribute id pada template.

3. .heading

Dan yang terakhir yaitu selector .heading, symbol (.) pada heading mengartikan bahwa symbol tersebut mewakili attribute class yang ada di dalam kode template. Contohnya <h1 class="heading">Nama Blog</h1> di dalam contoh tersebut terdapat attribute class dengan nilai value heading, maka value heading akan di tulis dengan symbol (.) di dalam css, misalnya .heading. Semua attribute class yang ada di dalam kode template maka harus di tulis menggunakan (.) di dalam file css, tidak boleh menggunakan symbol lainnya selain (.) jika attributenya class.

Jadi sudah mengerti kan perbedaan antara symbol (#) dan (.) di dalam file css, jangan sampai keliru mengartikannya oke!!

Baca Juga Pengertian Tentang Property Display Dan Beserta Nilai Value

Pada dasarnya attribute yang digunakan hanya dua macam class dan id dan satu tanpa attribute sama sekali, hanya ada pembuka tag dan penutup tag, contohnya adalah selector body tadi.

Saya rasa penjelasan tentang Pengertian Symbol Titik Dan Pagar Di Css cukup sampai di sini, jika ada penjelasan yang kurang bisa di pahami silahkan bertanya di kolom komentar. Insya allah akan saya jelaskan lagi. Terima kasih!!

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata per kata yang kurang berkenan di hati anda...

Wassllamuallaikum Wr Wb..