Assallamuallaikum Wr Wb..

kabel.jpg

Selamat malam kawan blogponsel, pada malam ini saya akan memberikan satu buah pengetahuan dasar tentang otomotif yaitu Mengenal Fungsi Warna Kabel Pada Motor Yamaha, di mana ini sangat penting untuk di pelajari apabila kita hobi mengotak-ngatik atau memasang accesoris pada motor terutama menyangkut masalah kabel.

Membongkar atau menambahkan kabel pada motor tidak bisa kita lakukan secara asal, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang mau kita pasang dan jurusan kabel mana yang harus kita sambung, kalau kita asal menyambung tanpa tahu fungsi kabel itu untuk apa maka yang terjadi adalah konslet lalu terbakar. Terbakar bukan berarti apinya berkopar, tapi terjadi kegosongan terhadap komponen-komponen tertentu dan mengakibatkan komponen tersebut mengalami kerusakan.

Memodifikasi atau merawat sepeda motor yang paling rumit adalah masalah kabel, karena kabel mempunyai sejuta arti yang sulit di pahami jika kita belum mahir di bidangnya. Orang yang sudah ahli pun masih kesulitan untuk menentukan mana kabel yang benar, mereka harus melakukan beberapa pengujian menggunakan alat Avometer atau alat-alat semacamnya atau juga secara manual. Tanpa melakukan itu bisa berakibat fatal pada komponen motor, bisa merusak komponen yang terjadi kesalahan dalam penyambungan jalurnya tadi. Maka dari itu saya di sini menyediakan sedikit pengetahuan tentang fungsi warna kabel pada motor secara umum.

Di sini saya menyediakan pengertian warna kabel secara umum atau masih dalam keadaan standart (Bawaan Pabrik), jika kendaraan anda sudah pernah di service lalu kabelnya sudah ada yang di ganti maka pengertian fungsi kabel di bawah ini tidak bisa di pakai, jika sudah begitu anda harus mencarinya secara manual atau mencoba satu per satu atau mencari saluran yang tepat untuk warna kabelnya. Caranya akan saya bahas di next artikel, baiklah langsung saja di simak cara Mengenal Fungsi Warna Kabel Pada Motor Yamaha di bawah ini !!

1. Merah (+) > Api/Setrum dari Accu
2. Hitam ( -) > Massa
3. Coklat ( +) > Api/Strum melalui kunci kontak ON.
4. Kuning (Batok Lampu) > Lampu Jauh dan Indikator Lampu Jauh
5. Hijau > Lampu Dekat
6. Coklat Tua > Sein Kiri
7. Hijau Tua > Sein Kanan
8. Biru > Lampu Senja
9. Kuning (Belakang) > Lampu Rem dan Switch Lampu Rem
10. Hijau Kuning > Switch Rem Depan
11. Hitam Putih > Cut/Stop Engine
12. Biru Putih > Electric Starter
13. Abu-abu/Biru Muda > Lampu/Switch Netral dan Riley Starter
14. Biru Kuning > Automatic Stop Starter
15. Merah Muda > Switch Klakson
16. Merah Kuning > Head Lmp dari Kiprok
17. Coklat Putih > Flaser Sein
18. Hijau Muda > Indikator Bensin
19. Merah Putih > Bendit Starter Ke Riley Starter

@ Pengapian :
1. Coklat dan Hijau > Spul CDI
2. Merah dan Putih > Pulser
3. Orange > Koil
4. Hitam > Masa
5. Hitam Putih > Cut/Stop Engine

@ Pengisian :
1. Kuning > Spul Head Lmp
2. Putih > Spul pengisian dan Kiprok
3. Hitam > Masa.

Peringatan :

Fungsi warna kabel yang saya share ini tidak bisa di jadikan panutan secara penuh, semua kembali kepada kondisi kendaraan kalian masing-masing. Karena setiap type kendaraan memiliki system yang berbeda walaupun satu pabrik sekalipun, jadi fungsi warna kabel yang saya share ini hanya panutan dasar sebagai pengetahuan awal dalam dunia otomotif.

Lalu, setelah kalian membaca artikel ini jangan langsung mempratikannya, tapi jadikan artikel ini sebagai referensi awal untuk belajar di bidang otomotif. Kenapa saya memberikan peringatan ini, kita kembali lagi ke persoalan awal !

Setiap motor itu memiliki penerapan system yang berbeda sedikit dengan type lainnya, misalnya jumlah kabel yang ada di socket (colokan) CDI vega r dan jupiter mx. Vega r & jupiter mx memiliki jumlah socket (colokan) CDI yang tidak sama, kalau vega r hanya punya satu socket sedangkan jupiter mx mempunyai dua socket. Cara kerja CDI pada dua type tersebut itu sama tidak ada perbedaannya sama sekali, cuma letak perbedaannya hanya pada jumlah kabel pada masing-masing socket. Kalau di Vega R misalnya hanya 10 kabel tapi di Jupiter Mx bisa 15 kabel di bagi menjadi dua socket dengan berbagai macam warna. Jadi hati-hati sebelum bermain kabel pada motor !!

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Mengenal Fungsi Warna Kabel Pada Motor Yamaha semoga apa yang saya share ini dapat membantu anda dalam belajar di bidang otomotif, apabila kalian mempunyai pertanyaan, saran, atau kritikan silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah !!

Akhir kata Wassallamuallaikum Wr Wb..