Assallamuallaikum Wr Wb..

cs1.png

Selamat malam, sesuai dengan apa yang telah saya sampaikan beberapa hari yang lalu ? Saya akan membagikan sebuah tips yang menurutku itu sangat berguna saat kita akan membuat sebuah artikel, di mana tips itu adalah Cara Mudah Membuat Warna Font Di Postingan, tips ini telah saya terapkan di beberapa postingan yang telah saya publikasikan dan tips ini adalah hasil dari apa yang telah saya pelajari tentang css dan template selama ini !

Langsung saja kita bahas bagaimana Cara Mudah Membuat Warna Di Postingan di bawah ini !

Seperti yang telah kalian ketahui, ketika kita akan membuat suatu kalimat dengan warna yang berbeda dengan kalimat lainnya maka kita akan menggunakan kode html seperti ini <font color="#ff0000;">Kalimat Anda</font> maka hasilnya seperti ini Kalimat Anda, nah di tips kali ini saya akan mencoba meringkas kodenya dan tidak akan memakan terlalu banyak karakter teks di handphone anda.

Teknik ini sama persis ketika kita mau membuat huruf tebal di artikel, akan tetapi dengan fungsi yang berbeda dan cara yang berbeda pula tapi dengan konsep yang sama ! Lalu bagaimana caranya simak di bawah ini !

Saya di sini mengatur warnanya di fitur css, Caranya begini dan sangat mudah tentunya !

1. Pertama

Kalian buat selector baru di dalam file css anda misalnya akan membuat warna merah, jadi kalian bisa menulisnya dengan inisialnya saja contoh !

m { color:#ff0000; }

Maka ketika kalian memanggil kodenya di suatu kalimat yang ada di artikel, maka hasil dari kalimat itu akan muncul seperti apa yang telah kalian atur pada file css anda. Cara memanggilnya sangat mudah, kalian tinggal menambahkan tag pembuka <> dan tag penutup </> contoh <m>Kalimat Anda</m> maka akan menghasilkan warna merah atau seperti ini Kalimat Anda.

Dengan begini kita dapat menghemat beberapa karakter teks yang kita pakai, sehingga sisa karakternya dapat kita gunakan untuk membuat kalimat lainnya. Tapi ingat saat menambahkan selectornya di file css jangan menggunakan tanda . atau # di depan selector misalnya .m atau #m, karena jika kita menambahkan tanda tersebut maka saat memanggil kodenya di artikel kalian harus menambahkan atribut class untuk tanda "." atau id untuk tanda "#" contoh <m class="m">Kalimat Anda</m> atau <m id="m">Kalimat Anda</m> !

Tips membuat warna font ini memang ada kelebihan dan kekurangannya, berikut ini saya jelaskan apa saja kekurangan dan kelebihannya !

Kelebihan :

- Dapat Meminimalisir jumlah karakter teks.
- Tidak ribet saat menggunakannya.
- Caranya yang simple.

Kekurangan :

- Cara ini tidak dapat digunakan kalau mengganti cssnya.
- Harus membuat selector ulang di css yang baru.
- Teknik ini saya belum tahu seo friendly atau belum, tapi selama saya coba tidak ada pengaruhnya terhadap blog saya.

Namun saya mempunyai sebuah pemikiran untuk mengatasi kekurangannya, terutama pada bagian harus membuat selector baru pada file css yang baru. Caranya begini !

1. Login ke akun blogponsel kalian.
2. Klik Dashboard.
3. Klik Template.
4. Klik Sunting Template.
5. Pilih Template Header.
6. Lalu di dalam template header cari tag ini </head>.
7. Jika sudah ketemu tag tersebut tambahkan tag berikut ini tepat di atas penutup tag head tersebut !

Note :

Silahkan ganti kata selector dengan selector yang di inginkan, lalu edit/tambahkan juga property beserta nilai value'nya sesuai keinginan anda !

Di sini kalian bebas menambahkan nama selector apa saja tapi hindari nama selector ini (a, b, i, p, s, u) dan beberapa nama selector lainnya yang belum saya ketahui, karena selector tersebut sudah mempunyai fungsi sendiri pada tag html yang ada di artikel. Terkecuali jika memang kalian ingin mendesain tag html tersebut, maka di perbolehkan memasukkan nama selector tersebut dan mengeditnya sesuai keinginan..

Tapi cara mengedit via template ini hanya bisa dilakukan pada blog yang mendukung sunting template, jika blog tersebut tidak mendukung sunting template maka cara ini tidak bisa dilakukan !

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mudah Membuat Warna Font Di Postingan, apabila kalian masih belum paham silahkan bertanya di komentar. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya !

Wassallamuallaikum Wr Wb..