Assallamuallaikum Wr Wb..

mengedit css

Selamat malam kawanku.
Pada tahap sebelumnya saya telah membahas tentang pengenalan property yang ada di css, sekarang saya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Cara Mengedit Css Bagian Body tahap ini merupakan dimana anda mulai belajar mengedit css untuk pertama kali, di tahap ini saya memilih bagian body karena body adalah selector paling dasar di setiap blog.

Saya jelaskan sedikit tentang body itu apa, body adalah selector yang mengatur bagian kepala sampai kaki blog atau dasar dari seluruh halaman blog.

Contoh :

body { background:#000000;color:#ffffff;margin:2px;padding:4px;font-family:arial,calibri;font-size:13px;border:1px solid #f00; }

Preview

Dari contoh kode css yang saya buat tadi maka hasilnya akan jadi seperti frame di atas, penjelasannya begini !

Di dalam selector body di atas memiliki 7 property yaitu ?
- Background.
- Color.
- Margin.
- Padding.
- Font-family.
- Font-size.
- Border.

Dari 7 property ini memiliki nilai value masing-masing seperti yang saya contohkan tadi. Misalkan, #000000, #ffffff, 2px, 4px dan lainnya itu adalah nilai value dari setiap property, cara penulisan nilai value bisa kita singkat maupun secara menyeluruh sesuai kebutuhan. Bisa menggunakan angka atau kalimat, kita bisa menggunakan angka atau kalimat tergantung propertynya yang akan di buat, hanya beberapa properti saja yang menggunakan kalimat & tidak bisa menggunakan angka, untuk lainnya kita bisa menggunakan angka atau kalimat sesuai keinginan kita mau menggunakan yang mana, saya akan mengambil bagian warna sebagai contohnya.

Contoh menggunakan angka.

body { background:#000000;color:#ffffff; }

Contoh Menggunakan kalimat.

body { background:black;color:white; }

Dari yang saya contohkan sobat pasti sudah mengerti mana perbedaanya, namun walaupun beda penulisannya tapi hasilnya juga akan sama saat menggunakan kedua cara tersebut, bahasa yang bisa digunakan hanyalah bahasa inggris. Dalam penulisan warna menggunakan angka juga bisa sobat singkat menjadi 3 digit setelah tanda #, caranya ambil digit ke 1,3 & 5 setelah tanda #. Contohnya saya gunakan warna biru. Kode html warna biru adalah #0000ff jadi sobat bisa menyingkatnya menjadi #00f, coba sobat pelajari & pahami lebih teliti lagi pasti akan tahu bagaimana caranya.

Baca Juga Cara Belajar Membuat Css | Tahap Ketiga

Saya rasa penjelasannya sudah cukup detail saya sampaikan, namun saya juga tidak lupa bahwa di artikel ini saya akan memberikan satu tools agar sobat bisa lebih mudah memahaminya dalam mengedit css bagian body, silahkan sobat coba toolsnya di bawah ini !

Cara Penggunaan :

- Pada kolom input seperti background, color, margin, padding, font-family, font-size, & border sesuai yang anda inginkan.
- Lalu klik Submit.

Background :

Color :

Margin :

Padding :

Font Family :

Font Size :

Border :

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Mengedit Css Bagian Body ini walaupun masih tahap dasar namun sangat penting dalam belajar membuat css, saya mohon maaf jika di artikel ini terdapat kata-kata yang kurang mengenakkan atau sulit sobat pahami. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Wassallamuallaikum Wr Wb..