Assallamuallaikum Wr Wb..

cs.jpg

Selamat Malam sobat, hujan-hujan begini tidak ada kegiatan, tidak ada ide postingan jadinya posting apa adanya sajalah, hehe..

Pada malam ini saya ingin membagikan satu tips yaitu Cara Membuat Css Melalui Handphone, iya memang tips ini sudah banyak bertebaran di google tapi apa salahnya saya bagi ulang di sini, siapa tahu ada yang belum tahu ? Hehe..

Seperti kita ketahui bahwa jumlah karakter di handphone kita hanya 5000 & tidak bisa lebih lagi dari itu, susah memang bagi kita yang hobi membuat css namun harus melalui laptop atau harus ke warnet dahulu, bisa repotkan jadinya. Kalaupun membuat css lewat laptop memang bisa, tapi hasilnya kita akan repot juga saat di lihat melalui handphone dan hasilnya kurang pas dengan keinginan, tentunya kita akan bolak-balik ke warnet lagi untuk membetulkan css nya.

Tapi tenang di sini saya akan memberikan tips yang sedikit bermanfaat buat kalian yang hobi membuat css, tips ini juga sering saya lakukan ketika membuat css.
Baiklah tidak usah panjang lebar, silahkan sobat simak Cara Membuat Css Melalui Handphone di bawah ini.

Pertama :
- Login ke akun xtgem sobat atau sobat klik Login Xtgem.
- Pilih site sobat yang akan digunakan dalam membuat css nya. Misalkan http://rhany.wap.sh
- Klik "File Browser".
- Pilih folder mana yang akan anda buat menyimpan css nya, misalkan di folder "Css".
- Buat satu file css dahulu di dalam folder css, misalkan "Biru.css".

Jika sudah buat file css nya, lalu di dalam file tersebut tambahkan kode import css yang kedua. Misalkan nama file css kedua "Biru1.css". Jadi tambahkan kode import seperti ini @import url(http://rhany.wap.sh/Css/Biru1.css);.

Note :
Ini hanya contoh saja, untuk url, nama folder dan nama file silahkan anda ganti sesuai punya anda.

Setelah menulis kode import css yang kedua, silahkan anda tulis kode css nya di bawah kode import sampai jumlah karakter handphone anda habis.

Contoh :
@import url(http://rhany.wap.sh/Css/Biru1.css);

Body { margin:auto;padding:0;background:#f70;color:black; }

Dan seterusnya...

Jika jumlah karakter handphone anda sudah habis, silahkan anda save dahulu lalu kembali ke folder di mana anda menyimpan css tersebut.

Lalu anda buat file lagi dengan nama yang sama sesuai nama file yang di masukkan ke dalam file css pertama tadi, misalkan "Biru1.css". Lalu buat file dengan nama "Biru1.css" dan silahkan isi dengan kode css yang selanjutnya setelah yang anda buat tadi sampai di mana.

Jika dua file masih kurang, tambahkan lagi kode import nya seperti yang pertama tadi. Namun, nama filenya yang harus di ganti sesuai nama file yang akan di buat, contoh "Biru2.css", jika masih kurang lakukan hal yang sama sampai di rasa cukup.

Dalam menulis kode import nya juga bisa anda singkat, asalkan masih dalam site yang sama.

Contoh sebelum di singkat :
@import url(http://rhany.wap.sh/Css/Biru.css);

Contoh sesudah di singkat :
@import url(/Css/Biru.css);

Bisa juga seperti ini @import url(/Biru.css);, asalkan file yang di simpan berada di luar folder.

Namun jika site nya berbeda maka anda tidak bisa menyingkatnya, harus anda tulis lengkap dengan url site penyimpan file tersebut.

Syarat melakukan tips ini :
- Ketika menulis kode css nya perhatikan saat karakter mau habis, jangan sampai selector nya belum lengkap dan belum diakhiri dengan tanda tutup kurung kurawal " }". Lebih baik karakter nya tersisa daripada selector css tidak berfungsi.
- Perhatikan juga nama file nya dan huruf nya, jika nama file nya diawali dengan huruf besar maka di kode import nya di awali dengan huruf besar pula. Jika ukuran huruf dan nama tidak sama maka kode import nya tidak bekerja.

Selesai juga akhir nya tips ini, walaupun mata dan tangan capek tapi tidak masalah. Asalkan saya bisa membagikan tips yang biasa saya gunakan.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Membuat Css Melalui Handphone, semoga apa yang saya share ini bisa bermanfaat buat anda semua.

Saya mengucapkan terima kasih banyak sudah berkenan membaca artikel sederhana ini, jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Note :

Jika anda masih bingung dengan penjelasan di atas, silahkan bertanya melalui komentar, buku tamu, atau pesan.

Insya allah akan saya jelaskan semampu saya.

Wassallamuallaikum Wr Wb..