Ini adalah Artikel yang ditulis oleh sahabat blogger, M Angga N S admin dari Leaks Blog. Akan sangat menarik bukan jika kegiatan blogging dilakukan untuk mempererat persahabatan dengan cara menulis artikel? So, read this post and happy blogging ;)

Mari kita simak beberapa kasus yang sering dialami seorang blogger! Mereka mendaftar pada Platform penyedia Blog, mendesain dan mengisi blog dengan konten kemudian bosan lalu menghapusnya atau meninggalkannya begitu saja, disisi lain mereka mendaftar di platform blogging lain untuk mencoba hal baru, mendesain, mengisi post dan ketika mereka mulai bosan, mereka menghapus atau meninggalkannya begitu saja. Terus begitu, perputaran tiada akhir. Pertanyaannya, kenapa harus seperti ini? Membuat blog kemudian menghapusnya? Alasan yang paling kuat adalah karena bosan dan terjadi galat saat mendesain atau menyunting element-element penting blog sehingga terjadi kerusakan template dan berakhir tanpa adanya solusi. Benar begitu kan?

Kemudian dikasus lain, mereka melakukan posting secara besar-besaran dengan topik bahasan tertentu contohnya seperti episode drama korea Descendants Of The Sun karena dalam waktu yang bersamaan drama tersebut sangat banyak diminati. Tujuannya untuk mendapatkan pengunjung yang besar, namun diakhir, setelah drama tersebut tamat, mereka tidak mendapatkan bahan untuk diposting dan akhirnya ditinggalkan begitu saja, menjadi blog mati, tidak terurus. Jika kita teruskan, akan sangat banyak penyebab kenapa blog terbengkalai ditinggalkan pengurusnya. Pertanyaan lanjutannya, apakah seperti demikian yang dinamakan seorang blogger?

Sayang beribu sayang, padahal jika kita mau sedikit lebih bersabar, mungkin takdir blog akan berkata lain. Dulu, tahun 2013 ketika blog saya The Information Blogger, atau lebih tepatnya sebelum saya hapus, nyaris tidak pernah sepi pengunjung, bahkan saya bisa menghasilkan rupiah, angkanya pun cukup lumayan sekitar 1,5 jt - 2 jt per bulan dari Google Adsense. Alasan saya menghapusnya bukan karena bosan, melainkan adanya ketidak adilan dari penyedia hosting tempat saya mendirikan blog.

Banyak biaya tersembunyi juga permainan nakal lainnya. Disisi lain saya terkendala dengan jam belajar saya yang semakin padat. Juga ditahun yang sama hampir setiap hari saya harus mengajar ngaji. Okelah, dari banyak kasus diatas, apakah anda punya kesamaannya? Apakah anda mengalami kasus yang sama? Disini saya tidak menggurui anda, saya tidak mengajari anda, saya hanya berbagi tentang tips dan trik cerdas merawat blog, pada dasarnya kegiatan blogging memang untuk berbagi bukan?

Memantapkan Tujuan

Apa yang mendasari anda membangun blog? Apa karena ikut-ikutan? Apa karena ingin berbagi pengalaman? Sejatinya, kegiatan blogging dilakukan karena keinginan untuk berbagi, menambah wawasan dan memperkaya pengalaman. Urusan duit belakangan, kalau sudah waktunya pasti bisa menghasilkan. Yang utama adalah perhatikan dan pahami betul tujuan anda membangun blog, jangan sampai akhirnya bernasib sama dengan kasus-kasus yang telah saya tuliskan diatas. Sebagian besar akan menjawab, berbagi! Saya paham itu, tapi apakah anda tahu apa yang akan anda bagikan? So, pahami betul apa tujuan anda.

Memilih Niche Blog Yang Tepat

Jika menganggap playmaker dalam sepakbola adalah pembagi bola dan pengatur pola permainan, anda perlu tahu bahwa pengatur kemajuan blog adalah dari niche-nya. Sesuaikan niche blog dengan apa yang anda kuasai jangan jadi blunder bagi blog anda.

Karena tidak mungkin seorang Goalkeeper harus menjadi otak utama dalam mengatur alur permainan sepakbola. Anda juga mesti memilih niche Travel jika anda paham betul dengan basic travel yang anda kuasai, jangan sampai membuat informasi tentang CSS jika anda tidak tahu apa itu padding dan apa itu margin! Bukan begitu sob?

Memaksimalkan Sumber Daya

Mungkin ini sangat jarang dipahami oleh para blogger, bahkan seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Maksudnya memaksimalkan sumber daya adalah memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang ada pada blog anda. Misalnya dalam Blogponsel.net kita diberikan sebuah fitur chatroom, maksimalkan chatroom sebagai tempat berbagi informasi, jangan cuma menebar tautan saja, anda bisa saja menemukan solusi yang sedang menghalangi jalannya perkembangan blog anda pada chatroom tersebut, juga sebagai penghilang kebosanan anda.

Saya tidak banyak menyampaikan poin-poin penting terkait kemajuan dan perkembangan blog karena semua ada ditangan anda, tapi jika anda benar-benar memahami 3 poin tersebut, saya yakin anda akan menjadi blogger yang sebenar-benarnya blogger.

Sumber : Leaks Blog