Assallamuallaikum Wr Wb..

Selamat malam kawan..
Postingan kali ini tidak jauh berbeda dari postingan kemarin, setelah kemarin saya membahas tentang Cara Bore Up Jupiter Mx Dengan Biaya Murah kali ini saya akan membahas hal yang sama namun sedikit berbeda bahannya.

Sebenarnya cara ini ada 2 macam yang bisa di pilih, anda bisa langsung beli silinder bore up 250Cc buat jupiter mx atau buat sendiri bahannya. Harga silinder bore up 250Cc dengan kualitas bagus sekitar 3 juta'an, tapi kalau buat sendiri mungkin bisa hemat dana sekitar 1 juta'an, tapi ini belum termasuk semua bahannya.

Cara yang saya bagikan kali ini khusus buat bahan sendiri, tidak usah panjang lebar langsung saja di simak tentang Cara Bore Up Jupiter Mx Menjadi 250Cc di bawah ini.


Bahan :
- Silinder ori bekas (saran : jangan pakai silinder bawaan).
- Bowring milik honda tiger.
- Piston over size standard milik CBR full set atau yang berdiameter 64.
- Klep Type EE berdiameter 26 & 23.
- Stang seher milik kawasaki ninja 150R.
- Magnet kit jupiter mx atau bisa pakai yang asli "Kurangi berat magnet motor anda menjadi 750 gram, caranya bawa ke tukang bubut".
- Spul listrik yang lebih besar dari aslinya atau bisa di bawa ke tukang dynamo.
- CDI racing BRT dualbrand, harga sekitar Rp.750.000.
- Koel standard atau pakai koelnya Yamaha YZ-125, jangan pakai koel racing. Karena akan berlawanan dengan arus listrik yang dihasilkan oleh CDI, akibatnya bisa merusak CDI atau koelnya.
- Packing full set mulai dari pack blok mesin kanan & kiri, silinder blok & silinder head.
- Crank Case buatan thailand.
- Noken As milik vixion.
- Karburator PE 28 lalu lemer menjadi 30.
- Knalpot Free Flow merk Kawahara atau sesuai selera anda, cari yang ukuran lehernya berdiameter 32.
- Gas spontan atau gas biasa tidak apa-apa.

Bahannya sudah cukup saya rasa, untuk bagian gear boxnya bisa anda konsultasikan ke mekanik kepercayaan anda.

Cara pemasangannya seperti biasa membongkar pasang mesin motor, tanpa saya jelaskan pasti mekanik anda sudah paham bagaimana caranya. Namun ada yang perlu diperhatikan di bagian klep, noken as, stang seher & pack kedua silinder, caranya akan saya jelaskan di bawah ini.

Memodifikasi mesin motor tidak terasa lengkap tanpa menaikkan lagi diameter strokenya, namun apabila stroke dinaikkan 10mm atau 1cm maka klep harus di ganti, jika stroke tidak dinaikkan klep tidak perlu diganti.

Pergantian juga berlaku buat Crank Case, karena diameter stroke lebih besar maka Crank Case harus di ganti, kalau Crank Case tetap menggunakan bawaan motor bisa patah stang sehernya.

Pemasangan Noken As ini yang agak kurang jelas, karena ada yang harus di bubut dahulu & ada yang bisa langsung di pasang. Tetapi yang saya alami harus di bubut dahulu baru bisa di pasang.

Yang terakhir bagian packing silinder head di tambah satu pack lagi, agar piston tidak mentok ke silinder head & komprensi udara juga biar tidak terlalu besar.

Melakukan bore up memang ada untung dan ruginya, tapi dari segi materi justru lebih banyak ruginya daripada keuntungannya. Keuntungannya dapat di hitung dengan jari, namun kerugiannya belum tentu bisa di hitung. Keuntungannya hanya hobi kecepatan tersalurkan, namun belum tentu membuahkan hasil yang memuaskan. Begitulah menurutku..

Cara bore up yang saya share ini memang agak mahal biayanya mungkin harus siap-siap dana 5 juta'an bahkan lebih. Karena apa, untuk berjaga-jaga kalau bahan yang di beli tidak sesuai dengan aslinya. Misalkan anda membeli klaker bandulnya jupiter mx ori di toko buatan pabrik, belum tentu diameter lingkarannya sama dengan buatan jepang asli.

Karena saya juga pernah mengalaminya, ketika saya membeli klaker bandul ori seharga 350 per biji namun setelah saya pasang suara mesin jadi berisik. Setelah saya bongkar lagi & cari permasalahannya, ternyata suara berisik itu berasal dari klaker bandul yang kendor. Setelah saya bandingkan dengan aslinya bawaan motor ternyata diameternya klaker yang saya beli lebih lebar 1 silet, anda tahu kan tebal silet seberapa, padahal tebal silet tipis banget tapi berpengaruh terhadap suara mesin & performa.

Selesei sudah yang dapat saya sampaikan tentang Cara Bore Up Jupiter Mx Menjadi 250Cc mungkin cara di atas kurang lengkap tapi semoga bisa menjadi referensi anda dalam melakukan bore up motor anda, maaf juga kalau kata-katanya sulit anda pahami alias acak-acakan. Terima kasih anda sudah berkenan berkunjung & membaca artikel sederhana ini.

Wassallamuallaikum Wr Wb..