Assallamuallaikum Wr Wb..

Selamat malam kawan, bagaimana kabar kalian ? Semoga baik-baik saja iya..

Setelah beberapa kali artikel yang aku post tentang css, kali ini aku akan membahas tentang Cara Bore Up Jupiter Mx Dengan Biaya Murah, memodifikasi motor memang gampang-gampang susah apalagi masalah mesin.

Jupiter Mx yang memiliki kapasitas mesin 135cc cukup memadai untuk mengadu kecepatan di jalanan namun itu hanya sebatas standard pabrik, kalau mau lebih maka harus menaikkan lagi kapasitas mesinnya.

System kerja mesin jupiter mx tergolong responsif, jadi ketika kita menggunakannya akan terasa nyaman untuk dikendarai. Namun kalau untuk race kurang memuaskan meskipun di kelas yang sama-sama standardnya, kita harus sedikit memodifikasi bagian mesin agar kecepatannya bertambah.

Di sini saya akan menjelaskan secara detail tentang Cara Memodifikasi Jupiter Mx agar anda bisa mencobanya, baiklah silahkan anda simak di bawah ini.


Bahan :
- Silinder ori atau bisa beli yang bekas di pasar barang bekas & beli silinder blok nya saja (saran saya beli saja yang bekas, jangan pakai yang ori atau bawaan motor).
- Seker atau Piston full set (piston, per piston, ring) & ukuran sesuai keiinginan anda lalu buat agak sedikit cembung bagian atasnya yang mentok di silinder chop & atur panjang piston sama persis dengan panjang piston jupiter mx yang standard (Kalau saya pakai pistonnya CBR).
- Bowring, anda bisa pesan di tukang bubut & pesan sesuai diameter piston anda lalu suruh ngatur di silinder sekalian (Kalau saya pakai bowringnya tiger).
- Cdi dualbrand racing, koel dualbrand biasa & busi racing (untuk typenya bisa anda tanyakan di toko sparepart di daerah anda).
- Knalpot type free flow, bisa pakai merk DBS atau sesuai selera anda. kalau saya pakai knalpotnya satria f engkel (tapi masih perlu di bawa ke tukang knalpot).
- Pack silinder mesin full set.
- 2 sil klep untuk cadangan saja.
- Karbulator PE28 (Ganti main jetnya ke ukuran 115 dan pilot jet ke ukuran 38).
- Cari ukuran spuyer yang pas, memang agak ribet khusus bagian spuyer ini karena harus sering ganti sampai menemukan ukuran yang pas dan cocok dengan settingan.
- Manifold Intake jupiter mx, pesan juga adaptor ke tukang bubut & buat ukurannya antara 5mm bagian atas & 6mm bagian bawah. Agar ketika karbu di pasang tidak melengkung ke bawah, ini gunanya untuk pack antara manifold & silinder. Anda bisa pakai manifold racing merk TDR.
- Magnit standard namun beratnya dikurangi menjadi 750 gram.


Note :
Bahan yang saya pasang di motorku tidak saya share karena terlalu mahal biayanya, lain kali akan saya share di sini.

Untuk pemasangannya bisa anda bawa ke bengkel kepercayaan anda atau anda pasang sendiri jika bisa membongkar mesin motor, namun saat pemasangannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan khususnya bagian silinder, akan saya jelaskan di bawah.


Cara Pemasangan :

Sebelum memasang silindernya, bagian lubang klep buang pas lubangnya knalpot di perlebar 2mm, lalu lubang klep hisap anda gosok dengan "Autosol" agar sama kayak di chrome. Gunanya agar bensin yang terhisap menjadi tenaga & tidak terbuang sia-sia.

Jika sudah, saat memasang silinder di blok mesin pack bagian silinder blok di lepas satu (ada 3 pack untuk standardnya), agar stang seker tidak bengkong atau melengkung jika di pakai ngebut. Lalu pack silinder chop di tambah 1 agar piston tidak membentur atapnya.

Cuma itu saja yang harus diperhatikan, untuk lainnya biasa saja cara pemasangannya, kalau untuk harian cara ini sudah cukup mumpuni untuk beradu kecepatan di jalanan. Namun kalau mau lebih lagi iya harus merubah juga bagian gear box, noken as, stang seker, magnit, & stroke (di naikkan lagi).

Dahulu saya juga memakai cara ini sebelum yang saya pakai sekarang karena biayanya relatif murah, dulu saya habisin dana sekitar Rp.2.500.000 sekalian pemasangannya di bengkel. Tapi harga bahan-bahan diatas tentu berbeda di setiap daerahnya, jadi siapkan dana lebih untuk berjaga-jaga saja.


Kelebihan :
- Biaya lebih murah.
- Jika kapasitas mesin mau di standardkan lagi masih bisa.


Kekurangan :
- Bensin agak boros.
- Suara mesin agak berisik namun kecepatan mumpuni.
- Tidak bisa di pakai menaiki gunung.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Bore Up Jupiter Mx Dengan Biaya Murah apabila ada kesalahan kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog sederhana saya ini.

Note :
Jika anda masih bingung silahkan bertanya di komentar atau di buku tamu.

Wassallamuallaikum Wr Wb..