Assallamuallaikum Wr Wb..

Hei hei hei... Berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya ingin berbagi ilmu yang pernah saya pelajari yaitu Cara Belajar Membuat Css | Tahap Dasar sebelum saya membahas caranya, alangkah baiknya saya jelaskan sedikit tentang pengertian css.

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yang berisi suatu rangkaian intruksi yang akan menentukan bagaimana sebuah text muncul di halaman web.

Css adalah salah satu bahasa desain web (style sheets language) yang mengatur format tampilan suatu situs, dalam penulisan css sendiri menggunakan penanda (markup language). Biasanya css banyak digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML atau XHTML, XML, XUL dan bahkan android sekalipun.

Sama halnya dengan style aplikasi microsoft word di komputer yang dapat mengatur beberapa style. Misalnya, heading, subbab, body text, footer, images, font color, font size dan lain-lain.

Pada dasarnya css digunakan untuk mendesain suatu tampilan web dan penulisannya menggunakan bahasa HTML dan XHTML.

Baiklah, penjelasannya saya rasa sudah cukup sekian dan sekarang saya akan membahas tentang Cara Belajar Membuat Css | Tahap Dasar.

Membuat css memang mudah bagi kita yang sudah paham tentang selector, property, value dan fungsi-fungsinya dari kode yang ada di dalam css tersebut, tetapi bagi kita pemula atau yang baru mendalami tentang css pasti bingung apa fungsi dari kode-kode tersebut.

Di tahap awal ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kode-kode yang ada di css, agar nantinya saat mencoba membuat css lebih mudah mengkreasikan imajinasi kita untuk membuat tampilan web yang bagus dan menarik.

Bagi anda yang mau belajar membuat css silahkan sobat pelajari di bawah ini.

Kita tentu tahu ada kode apa saja di dalam css itu sendiri, misalnya body, #header, .heading dan lain-lain. Lalu, ada pula margin, padding, background dan lain-lain. Terus ada juga 1px, #00000 dan semacamnya.

Pertama, kita pahami dulu apa itu selector. Selector adalah salah satu metode atau pondasi di dalam CSS, selector digunakan untuk pengelompokan syntax atau bisa diartikan sebagai aturan yang digunakan untuk memisahkan syntax dengan tujuan berbeda, dan di bawah ini akan saya jelaskan beberapa selector dan fungsinya.

Macam-macam selector.

- Body - Mencakup seluruh blog.
- Img - Mengatur gambar.
- #header - Mengatur bagian atas blog atau mencakup judul blog, deskripsi blog dan navigation.
- #Top-content - Mengatur bagian alas kolom pencarian.
Dan masih banyak lagi selector-selector lainnya di dalam css, untuk kelanjutannya akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Kedua, kita pahami juga apa itu property, Property adalah jenis style, atau elemen apa yang akan kita ubah dari sebuah tag HTML. Dalam satu css terdapat puluhan macam property, misalnya, background, padding, margin, color, font-size, dan lain-lain.

Ketiga, kita pahami juga tentang value, Value adalah nilai dari property. Nilai value dapat di tulis menggunakan angka ataupun huruf. Namun, yang bisa ditulis dengan huruf hanya jenis warna dan beberapa value saja dan bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.

Contoh :
Body { background:black;font-size:small; }

Dalam menentukan warna bisa juga menulisnya dengan kode html.

Contoh :
Body { background:#000000;color:#0000ff; }

Contoh menulis warna menggunakan huruf :

Body { margin:1px;background:black; }

Note :
- Body adalah selector.
- Background adalah property.
- Padding, Margin dan Color adalah property.
- 1px adalah nilai valuenya. Nilai px bisa diganti dengan EM dan % (Persen).
- #000000 adalah nilai value untuk warna menggunakan angka.
- Black adalah nilai value untuk warna menggunakan huruf.

Dalam menulis kode warna bisa di singkat menjadi tiga abjad atau tiga huruf.

Contoh :
Body { background:#080; }

Kode #080 atau #008000 adalah kode HTML untuk warna hijau, 080 diambil dari abjad ke 1, ke 3 dan ke 5 setelah symbol "#". Jadi, angka yang diambil adalah abjad ke 1, 3, dan ke 5.

Saya rasa tahap awal belajar membuat css sampai di sini dulu, untuk kelanjutannya akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang Cara Belajar Membuat Css | Tahap Dasar dan saya mohon maaf apabila bahasa atau cara penulisan artikel diatas kurang bisa di pahami dan berbelit-belit.

Terima kasih juga buat anda yang sudah berkenan membaca artikel yang membingungkan ini dan berkunjung ke blog saya yang sederhana ini.

Wassallamuallaikum Wr Wb..